✓ Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Posted on

Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 merupakan buku panduan materi pembelajaran untuk kelas 1 semester 2 SD MI. Buku tematik ini terbagi menjadi dua yaitu buku guru dan buku siswa. Buku guru menjadi buku panduan guru dalam memberikan materi pembelajaran. Buku siswa merupakan buku pegangan peserta didik sehari-hari.

Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018
Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Buku ini diterbitkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan telah mengalami beberapa kali revisi. Revisi terakhir buku tematik kelas 1 semester 2 yaitu pada tahun 2018. Sehingga buku yang kami bagikan ini merupakan versi terbaru.

Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 Pdf

Di abad ke 20 ini, hampir semua masyarakat telah memiliki smartphone yang digunakan untuk menunjang aktivitas. Penelitian mengungkapkan fakta bahwa sejak kemunculan smartphone berbanding terbalik dengan minat baca masyarakat, khususnya peserta didik.

Mereka lebih betah berlama-lama menatap layar handphone daripada membaca buku. Akibatnya perpustakaan banyak yang menjadi lowong dan berdebu akibat jarang dikunjungi.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan minat baca peserta didik yaitu dengan memasukkan bacaan tersebut ke dalam smartphone mereka. Kita memberikan buku pelajaran mereka dalam bentuk soft file pdf. Dengan begitu, smartphone mereka bisa menjadi pepustakaan mini.

Oleh karena itu, kami akan membagikan buku tematik kelas 1 semester 2 revisi 2018 dalam bentuk pdf.

Buku Siswa Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Buku siswa tematik kelas 1 semester 2 revisi 2018 berikut terdiri dari  subtema yaitu Tema 5 Pengalamanku, Tema 6 Lingkungan Sehat, Bersih dan Asri, Tema 7 Benda Hewan dan Tumbuhan di sekitarku, dan Tema 8 Peristiwa Alam.

See also  Buku Siswa dan Guru Prakarya Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan. 

Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Buku ini masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan siswa. Guru maupun siswa dapat memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah sebagai buku penunjang. Guru maupun siswa juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lainnya yg relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan buku siswa sebelumnya, buku siswa kali ini tidak dilengkapi dengan lembar evaluasi. Hal ini dilakukan agar guru lebih memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan selama proses pembelajaran berlangsung, dan bukan meloncat langsung pada latihan-latihan penyelesaian soal. Guru juga dapat berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan- bahan penilaian yang diperlukan dan disesuaikan dengan kondisi siswa.

Buku Guru Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Sepaket dengan buku siswa, buku guru kelas 1 semester 2 revisi 2018 juga terdiri dari 4 tema.

Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. 

Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari buku guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. 

See also  Buku Paket Prakarya Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari peraturan pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Meski buku ini juga dilengkapi dengan materi tambahan untuk pengayaan guru, kehadiran buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan siswa tetap dibutuhkan. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah. 

Guru maupun siswa juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Download Buku Tematik Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 

  • Buku Siswa Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 5 Pengalamanku (👉Download)
  • Buku Siswa Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 6 Lingkungan Sehat, Bersih dan Asri (👉Download)
  • Buku Siswa Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 7 Benda Hewan dan Tumbuhan di sekitarku (👉Download)
  • Buku siswa Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 8 Peristiwa Alam  (👉Download)
  • Buku Guru Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 5 Pengalamanku (👉Download)
  • Buku Guru Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 6 Lingkungan Sehat, Bersih dan Asri (👉Download)
  • Buku Guru Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 7 Benda Hewan dan Tumbuhan di sekitarku (👉Download)
  • Buku Guru Kelas I SD/MI Semester 2 Tema 8 Peristiwa Alam  (👉Download)

Penutup

Silahkan bagikan file buku tematik kelas 1 semester 2 revisi 2018 tersebut kepada semua peserta didik. Semoga dengan hal kecil ini dapat membuat daya dan minat literasi peserta didik dapat meningkat. Sekian dan semoga bermanfaat.