Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Posted on

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka – Buku Panduan Guru ini disusun sebagai pendamping pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP Kelas VII (Fase D) bagi guru. Buku Panduan Guru ini disusun sesuai dengan prinsip – prinsip yang dikembangkan dalam Kurikulum Merdeka.

Buku Panduan Guru ini terdiri atas Panduan Umum, Strategi Umum Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Karakteristik Mata Pelajaran, Tujuan Mata Pelajaran, dan Panduan Khusus.

Panduan Umum berisi cakupan keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai peserta didik maupun struktur kegiatan pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran pada setiap bab mencakup sebagian Capaian Pembelajaran dari Fase D yang diharapkan dikuasai oleh peserta didik Kelas VII.

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7

Buku English for Nusantara memiliki dua komponen, yaitu Buku Siswa dan Buku Guru. Kedua komponen ini dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris kelas VII berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kurikulum ini dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih leksibel, disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Pengembangan kurikulum ini juga berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi serta karakter peserta didik yang sejalan dengan Proil Pelajar Pancasila.

Dengan demikian, materi dan kegiatan untuk bahan belajar Bahasa Inggris di dalam buku ini tidak hanya dapat meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris tetapi juga memperkuat karakter peserta didik. Setiap topik pada materi dan kegiatan berkenaan dengan representasi keragaman budaya nusantara, kebhinekaan global, serta isu Sustainable Development Goals (SDGs).

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum Merdeka disusun per fase. Jenjang SMP termasuk dalam Fase D dimana peserta didik diharapkan dapat menggunakan teks Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam berbagai konteks dan situasi baik formal maupun informal.

See also  Buku Siswa dan Guru PAI Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran pada Fase ini ditetapkan melalui alur tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan alokasi jam pelajaran untuk kelas VII. Seluruh materi dan kegiatan belajar pada setiap fase dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik, baik yang belum maupun sudah mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di jenjang sebelumnya.

Oleh karena itu, materi dan kegiatan ini dapat disajikan dan diadaptasikan oleh guru dengan menyesuaikan capaian peserta didik.

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka ini berisi Panduan Umum dan Panduan Khusus mengenai cara penggunaan buku English for Nusantara. Panduan ini bertujuan memberikan arahan dan kegiatan, beserta alternatif dan variasinya, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Kehadiran variasi dan alternatif kegiatan yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah diharapkan dapat membantu guru Bahasa Inggris kelas VII dalam menyajikan materi sesuai dengan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Profil Pelajar Pancasila

Kegiatan belajar dan materi yang disajikan dalam buku Bahasa Inggris ini memuat enam elemen yang diusung dalam Profil Pelajar Pancasila. Yaitu,

(1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia,
(2) berkebinekaan global,
(3) bergotong royong,
(4) kreatif,
(5) bernalar kritis, dan
(6) mandiri.

Keenam elemen ini terintegrasi pada kegiatan yang ada dalam buku. Misalnya, Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka ini memiliki karakter yang selalu muncul di setiap bab sebagai ciri khas tersendiri.

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Karakter-karakter tersebut digunakan untuk memberikan konteks pembelajaran yang merepresentasikan kebhinekaan nusantara, karena karakter yang disajikan mewakili berbagai macam etnik yang ada di Indonesia.

Selain itu, hal ini ditujukan untuk memperlihatkan kerukunan hidup bersama seperti yang diamanatkan pada Profil Pelajar Pancasila.

See also  Buku Tematik Kelas 2 Semester 2 Revisi 2018 Terbaru

Untuk menunjukan kebhinekaan global, peserta didik juga dipajankan pada ‘Did You Know?’ yang menunjukkan informasi yang ada baik di sekelilingnya maupun yang ada di dunia. Selain peserta didik dilatih untuk mandiri, peserta didik juga dilatih untuk dapat bekerja sama dengan temannya melalui berbagai kegiatan yang menghendaki penyelesaian pekerjaan secara kolaboratif.

Ini menunjukkan bahwa peserta didik perlu memiliki keterampilan berkolaborasi untuk mencapai tujuan. Elemen lainnya yang diintegrasikan dalam buku Bahasa Inggris ini adalah penyediaan kegiatan yang mendorong kemunculan kreativitas dan bernalar kritis.

Melalui pemajanan teks visual, teks audio, dan teks tulis, peserta didik diberi stimulasi untuk menunjukkan kemampuan dalam berkreasi, misalnya dalam mempresentasikan hasil pekerjaan. peserta didik diberi stimulasi pada apa yang dapat dilakukan dan mereka mengembang kreativitasnya dari stimulasi tersebut.

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kegiatan-kegiatan yang disajikan melalui berbagai macam teks yang dipajankan (visual, audio, dan teks tulis) diupayakan untuk membuat peserta didik menunjukan nalar kritisnya diantaranya dengan mengamati dan menjawab pertanyaan yang tidak hanya menghendaki pertanyaan lateral tetapi juga pertanyaan inferensial dan relektif.

Download Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Silahkan unduh secara gratis file PDF Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka melalui tautan yang kami bagikan berikut ini.

EMBED

  • Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Unduh Disini)

Akhir Kata

Demikian informasi terkait dengan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang dapat BataraGuru.Com bagikan. Semoga bermanfaat dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah masing-masing.