5 Cara Membuat Infografik di Canva dengan Mudah

Posted on

Cara membuat infografik di canva – Infografik adalah salah satu cara visual untuk menyajikan informasi secara mudah dipahami dan menarik. Infografik dapat berupa grafik, diagram, ikon, ilustrasi, foto atau kombinasi dari beberapa elemen tersebut yang digunakan untuk menyajikan informasi secara visual.

Infografik digunakan untuk menyajikan data, statistik, prosedur, atau konsep dalam bentuk yang mudah dipahami dan diingat. Infografik dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan meningkatkan traffik ke website Anda.

Cara Membuat Infografik di Canva

Salah satu platform yang dapat digunakan untuk membuat infografik dengan mudah adalah Canva. Anda dapat mencobanya dengan akun free maupun akun Canva Pro. Dengan canva, Anda dapat membuat berbagai macam desain infografik yang menarik dalam hitungan menit.

Cara membuat infografik di canva
Cara membuat infografik di canva

Bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan simak artikel cara membuat infografik di canva berikut ini.

Cara membuat infografik di Canva:

1. Buka aplikasi Canva

Buka aplikasi Canva di komputer Anda atau di website Canva.com

2. Pilih Template

Pilih jenis infografik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Canva menyediakan berbagai jenis infografik mulai dari infografik keuangan hingga infografik resep masakan. Gunakan alat bantu pencarian untuk mempersempit pilihan berdasarkan tema, warna, gaya, dan banyak lagi.

3. Tambahkan Judul

Tambahkan judul dan subjudul untuk infografik Anda. Gunakan font yang mudah dibaca dan sesuaikan dengan tema infografik.

See also  Cara Membuat Infografis untuk Bisnis dengan Canva

4. Sesuaikan desain infografis Anda

Tambahkan elemen visual seperti gambar, grafik, dan ilustrasi untuk menjelaskan informasi secara visual. Anda dapat mengunduh gambar dari pustaka gambar Canva atau mengunggah gambar sendiri.

Telusuri perpustakaan lengkap kami yang berisi jutaan gambar, ilustrasi, dan grafis. Temukan ribuan desain panah untuk diagram alir Anda, lalu atur ulang dengan berbagai cara yang Anda inginkan pada desain.

Gunakan warna yang sesuai dengan tema infografik dan jangan lupa mengatur skala warna agar infografik terlihat selaras.

Tambahkan tautan ke website Anda atau sumber informasi yang digunakan dalam infografik. Ini akan membantu meningkatkan kredibilitas dan mengarahkan pengunjung ke website Anda.

5. Simpan dan bagikan

Simpan infografik Anda dan unggah ke media sosial atau website Anda untuk dibagikan kepada audiens Anda.

Anda juga dapat mengunduh dan simpan infografis dalam format PNG, JPG, atau PDF. Bagikan di semua akun media sosial Anda, sematkan pada situs web pribadi, atau cetak sebagai rujukan praktis.

Cara membuat infografik di canva
Contoh infografik di canva

Dengan menggunakan Canva, membuat infografik yang menarik dan mudah dipahami bukan lagi hal yang sulit. Demikian informasi menarik terkait dengan cara membuat infografik di canva. Selamat mencoba!

FAQ

Apa saja yang harus disertakan dalam infografis?

Infografis harus mencakup informasi yang jelas, visual yang menarik, dan desain yang bersih dan mudah dibaca. Hal-hal yang harus disertakan dalam infografis antara lain:

  • Judul yang menjelaskan topik infografis.
  • Grafik atau ilustrasi yang menyajikan informasi dengan cara yang mudah dipahami.
  • Deskripsi singkat yang menjelaskan informasi yang disajikan dalam grafik atau ilustrasi.
  • Sumber data yang digunakan dalam infografis.
  • Label atau keterangan yang menjelaskan elemen-elemen dalam grafik atau ilustrasi.
  • Skala atau ukuran yang digunakan dalam grafik atau ilustrasi.
  • Warna atau pewarnaan yang digunakan untuk membedakan antara elemen-elemen dalam grafik atau ilustrasi.
See also  15 Aplikasi Absensi Online Berbasis Android Gratis

Apa yang menjadikan infografis bagus?

Infografis yang baik harus:

  • Menyajikan informasi yang jelas dan mudah dicerna
  • Menggunakan desain yang estetis dan menarik
  • Menggunakan elemen visual yang tepat untuk menyampaikan pesan
  • Menyajikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya
  • Mudah dipahami oleh target audiens yang dituju.

Berapa ukuran terbaik untuk infografis?

Ukuran terbaik untuk infografis tergantung pada dimana ia akan digunakan. Infografis yang akan ditampilkan di website harus memiliki resolusi yang cukup tinggi agar tetap terlihat jelas saat ditampilkan di layar komputer atau perangkat mobile. Namun, jika infografis akan dicetak, maka resolusi yang lebih tinggi dan ukuran yang lebih besar akan dibutuhkan agar tetap terlihat jelas setelah dicetak.

Secara umum, ukuran yang baik untuk infografis yang akan ditampilkan di website adalah sekitar 600-800 piksel lebar, sedangkan infografis yang akan dicetak dapat mencapai ukuran A4 atau lebih besar. Namun demikian, jangan lupa bahwa lebih penting dari ukuran adalah desain yang baik dan mudah dicerna

Semua itu dapat diubah sesuai kebutuhan.