3 Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva dengan Mudah!

Posted on

Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva – Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak presentasi yang memungkinkan pengguna membuat tayangan slide, presentasi, dan alat bantu visual lainnya untuk komunikasi. Ini biasanya digunakan untuk keperluan bisnis, pendidikan, dan pribadi.

PowerPoint menyertakan alat untuk membuat teks, grafik, bagan, animasi, dan elemen lain untuk menyempurnakan presentasi. Ini juga memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dan berbagi presentasi secara online.

Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva

Canva adalah alat desain grafis yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain yang tampak profesional tanpa memerlukan keahlian desain grafis tingkat lanjut. Canva dapat digunakan untuk membuat berbagai elemen desain, termasuk presentasi. Ini menawarkan berbagai macam template, termasuk untuk presentasi PowerPoint, yang dapat disesuaikan pengguna dengan teks, gambar, dan elemen desain lainnya sendiri.

Canva juga menawarkan berbagai elemen desain seperti bagan, ilustrasi, dan ikon yang dapat ditambahkan pengguna ke presentasi mereka. Setelah dibuat, presentasi dapat diekspor dan digunakan di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lainnya. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat presentasi yang menarik secara visual tanpa memerlukan keterampilan desain tingkat lanjut.

Berikut ini adalah cara membuat presentasi power point di Canva:

Cara Membuat PPT di Canva Di HP

Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva

Berikut langkah-langkah membuat presentasi PowerPoint menggunakan Canva di perangkat seluler:

  1. Unduh dan instal aplikasi Canva di perangkat seluler Anda.
  2. Buka aplikasi Canva dan masuk atau buat akun baru.
  3. Ketuk tombol “Buat desain” dan pilih “Presentasi” dari opsi.
  4. Pilih templat atau kanvas kosong untuk memulai desain Anda. Anda juga dapat menelusuri berbagai template yang dirancang khusus untuk presentasi PowerPoint.
  5. Sesuaikan desain Anda dengan menambahkan teks, gambar, bagan, ilustrasi, dan elemen desain lainnya dari perpustakaan Canva.
  6. Setelah puas dengan desain Anda, ketuk tombol “Unduh” dan pilih “PowerPoint” sebagai jenis file.
  7. Presentasi akan disimpan ke perangkat Anda dan dapat dibuka di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lainnya.

Anda juga dapat membagikan presentasi Anda di Canva, Anda dapat membagikannya melalui tautan atau mengekspornya ke google drive, dropbox, dan lainnya.

Catatan: Anda juga dapat mengerjakan desain di komputer, dan membukanya di perangkat seluler melalui aplikasi Canva.

Cara Membuat PPT di Canva di Laptop

Berikut langkah-langkah membuat presentasi PowerPoint menggunakan Canva di laptop atau komputer desktop:

  1. Buka situs web Canva (www.canva.com) dan masuk atau buat akun baru.
  2. Klik tombol “Buat desain” dan pilih “Presentasi” dari opsi.
  3. Pilih templat atau kanvas kosong untuk memulai desain Anda. Anda juga dapat menelusuri berbagai template yang dirancang khusus untuk presentasi PowerPoint.
  4. Sesuaikan desain Anda dengan menambahkan teks, gambar, bagan, ilustrasi, dan elemen desain lainnya dari perpustakaan Canva. Anda juga dapat mengunggah gambar dan video Anda sendiri.
  5. Setelah puas dengan desain Anda, klik tombol “Unduh” dan pilih “PowerPoint” sebagai jenis file.
  6. Presentasi akan disimpan ke perangkat Anda dan dapat dibuka di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lainnya.
See also  Download Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Web Gratis

Anda juga dapat membagikan presentasi Anda di Canva, Anda dapat membagikannya melalui tautan atau mengekspornya ke google drive, dropbox, dan lainnya.

Catatan: Canva menawarkan versi gratis dan berbayar, beberapa fitur hanya tersedia di versi berbayar.

Cara Membuat PPT Animasi di Canva

Berikut langkah-langkah membuat animasi presentasi PowerPoint menggunakan Canva di laptop atau komputer desktop:

  1. Buka situs web Canva (www.canva.com) dan masuk atau buat akun baru.
  2. Klik tombol “Buat desain” dan pilih “Presentasi” dari opsi.
  3. Pilih templat atau kanvas kosong untuk memulai desain Anda. Anda juga dapat menelusuri berbagai template yang dirancang khusus untuk presentasi PowerPoint.
  4. Sesuaikan desain Anda dengan menambahkan teks, gambar, bagan, ilustrasi, dan elemen desain lainnya dari perpustakaan Canva. Anda juga dapat mengunggah gambar dan video Anda sendiri.
  5. Untuk menambahkan animasi ke desain Anda, klik elemen yang ingin Anda animasikan dan pilih opsi “Animasi”. Canva menawarkan berbagai opsi animasi, seperti “Fade in”, “Fly in”, “Pop in”, dll.
  6. Setelah puas dengan animasi Anda, Anda dapat mempratinjaunya dengan mengeklik tombol “Pratinjau”.
  7. Setelah Anda puas dengan desain dan animasi Anda, klik tombol “Unduh” dan pilih “PowerPoint” sebagai jenis file.
  8. Presentasi akan disimpan ke perangkat Anda dan dapat dibuka di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lainnya.

Anda juga dapat membagikan presentasi Anda di Canva, Anda dapat membagikannya melalui tautan atau mengekspornya ke google drive, dropbox, dan lainnya.

Catatan: Ingatlah bahwa animasi hanya akan berfungsi saat presentasi dibuka di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lain yang mendukung animasi.

Bagaimana cara menyajikan Canva ke PowerPoint?

Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva
Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva

Berikut langkah-langkah untuk mempresentasikan desain Canva di PowerPoint:

  1. Buka situs web Canva (www.canva.com) dan masuk ke akun Anda.
  2. Buka desain yang ingin Anda sajikan di PowerPoint.
  3. Klik tombol “Unduh” dan pilih “PowerPoint” sebagai jenis file.
  4. Presentasi akan disimpan ke perangkat Anda dan dapat dibuka di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lainnya.
  5. Buka PowerPoint dan pilih “File” lalu “Open” dan pilih presentasi Canva yang baru saja Anda unduh.
  6. Setelah presentasi dibuka di PowerPoint, kini Anda dapat mempresentasikannya seperti biasa.
  7. Pastikan komputer Anda memiliki PowerPoint versi terbaru dan desain dibuat dalam format PowerPoint, atau animasi dan elemen desain lainnya mungkin tidak dapat ditampilkan dengan benar.
  8. Anda juga dapat mengekspor desain ke PDF dan membukanya menggunakan penampil PDF yang mendukung animasi.

Catatan: Ingatlah bahwa beberapa elemen animasi dan desain mungkin tidak didukung saat Anda mempresentasikannya di PowerPoint, sebaiknya pratinjau sebelum presentasi yang sebenarnya.

See also  5 Cara Kompres Video Online Gratis Terbaik

FAQ

Apa itu Canva PPT?

Canva PPT adalah fitur di Canva, alat desain grafis, yang memungkinkan pengguna membuat dan mengedit presentasi PowerPoint. Dengan Canva PPT, pengguna dapat mengakses beragam template yang dirancang khusus untuk presentasi PowerPoint, dan menyesuaikannya dengan teks, gambar, dan elemen desain lainnya sendiri.

Alat ini menyediakan antarmuka yang ramah pengguna, dengan sistem drag-and-drop, yang bahkan dapat digunakan oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman desain untuk membuat presentasi yang terlihat profesional.

Canva PPT juga menawarkan berbagai elemen desain seperti bagan, ilustrasi, dan ikon yang dapat ditambahkan pengguna ke presentasi mereka. Setelah dibuat, presentasi dapat diekspor dan digunakan di PowerPoint atau perangkat lunak presentasi lainnya.

Apakah bisa mengunggah PPT di Canva?

Ya, Anda dapat mengunggah presentasi PowerPoint ke Canva. Namun, fungsinya terbatas.
Anda dapat mengunggah presentasi PowerPoint (PPT, PPTX) sebagai gambar, tetapi saat Anda mengunggahnya, Canva akan mengimpor slide sebagai gambar statis dan Anda tidak akan dapat mengedit teks atau elemen desain dalam presentasi. Anda hanya dapat menambahkan elemen desain seperti background, gambar, dan bentuk di atas slide statis.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat membuka file PPT/PPTX di PowerPoint, mengambil tangkapan layar setiap slide, menyimpan gambar, dan mengunggahnya ke Canva untuk digunakan sebagai elemen desain. Dengan cara ini Anda dapat menggunakan slide sebagai background, dan membuat presentasi baru menggunakan slide sebagai background dan menambahkan teks, elemen desain, dan animasi menggunakan Canva.

Jadi, meskipun Anda dapat mengunggah presentasi PowerPoint ke Canva, fungsinya terbatas, dan mungkin lebih efisien untuk memulai desain presentasi baru di Canva dari awal atau mengimpor slide sebagai gambar dan menggunakannya sebagai background.

Apakah bisa mengedit PPT di Canva?

Ya, Anda dapat mengedit presentasi PowerPoint menggunakan Canva. Saat mengunggah presentasi PowerPoint ke Canva, Anda dapat mengedit teks, gambar, dan elemen desain lainnya, serta menambahkan elemen desain baru seperti background, bagan, ilustrasi, dan ikon.

Namun, perlu diingat bahwa saat Anda mengunggah presentasi PowerPoint sebagai gambar, Anda tidak akan bisa mengedit teks atau elemen desain dalam presentasi. Anda hanya dapat menambahkan elemen desain seperti background, gambar, dan bentuk di atas slide statis.

Canva menyediakan antarmuka yang ramah pengguna, dengan sistem seret dan lepas, yang bahkan dapat digunakan oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman desain untuk membuat presentasi yang terlihat profesional. Alat ini juga menawarkan beragam template yang dirancang khusus untuk presentasi PowerPoint, yang dapat disesuaikan dengan mudah. Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai elemen desain seperti bagan, ilustrasi, dan ikon yang dapat ditambahkan pengguna ke dalam presentasi mereka.

Singkatnya, Canva menyediakan opsi untuk mengedit presentasi PowerPoint, tetapi kemungkinan tingkat pengeditan akan bergantung pada jenis presentasi yang Anda unggah dan apakah itu gambar statis atau file PowerPoint.

Dengan menggunakan Canva, membuat presentasi power point yang menarik dan bervariasi bukan lagi hal yang sulit. Demikian informasi menarik terkait dengan Cara Membuat Presentasi Power Point di Canva. Selamat mencoba!