Contoh Profil Sekolah: Pengertian, Format, dan Cara Membuatnya

Posted on

Masih bingung membuat profil sekolah Anda? Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membagikan contoh profil sekolah lengkap dengan penjelasan lengkap mulai dari format dan cara membuatnya.

Pengertian Profil Sekolah

contoh profil sekolah

Profil sekolah adalah ringkasan informasi mengenai suatu sekolah yang mencakup berbagai aspek penting, seperti:

  • Identitas Sekolah: Meliputi nama sekolah, alamat, nomor telepon, email, situs web (jika ada), tahun berdiri, status akreditasi, dan lainnya.
  • Visi dan Misi Sekolah: Ini adalah tujuan dan prinsip-prinsip utama yang menjadi panduan sekolah dalam menjalankan kegiatan belajar-mengajar.
  • Kurikulum: Profil ini juga mencakup kurikulum yang dijalankan di sekolah, termasuk pendekatan pedagogis, metode pembelajaran, dan lainnya.
  • Fasilitas Sekolah: Meliputi informasi tentang fasilitas belajar seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dan lainnya.
  • Prestasi Sekolah dan Siswa: Ini mencakup penghargaan yang telah diperoleh oleh sekolah dan prestasi siswa baik di tingkat lokal, nasional, atau internasional.
  • Staf Pengajar dan Karyawan: Profil ini juga mencakup informasi tentang kepala sekolah, guru, staf pendukung, dan jumlah murid per kelas.
  • Aktivitas dan Kegiatan Ekstrakurikuler: Meliputi kegiatan-kegiatan non akademik yang diselenggarakan sekolah, seperti klub olahraga, klub seni, dan lainnya.

Profil sekolah sangat penting bagi orang tua dan calon siswa dalam proses seleksi sekolah, karena dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang sekolah tersebut. Profil ini juga penting bagi sekolah untuk mengkomunikasikan keunikan dan kekuatan mereka, serta sebagai bahan evaluasi dan perbaikan.

Format Profil Sekolah

Berikut adalah contoh format dasar profil sekolah:

  1. Identitas Sekolah
  2. Nama Sekolah
  3. Alamat Lengkap
  4. Nomor Telepon
  5. Email
  6. Situs Web (jika ada)
  7. Tahun Berdiri
  8. Akreditasi
  9. Tipe Sekolah (misalnya, negeri atau swasta)
  10. Visi dan Misi Sekolah
    Visi Sekolah
    Misi Sekolah
  11. Organisasi Sekolah
    Kepala Sekolah
    Wakil Kepala Sekolah
    Daftar Guru dan Staf
  12. Struktur Organisasi Sekolah (jika ada)
  13. Fasilitas Sekolah
    Deskripsi Ruang Kelas
    Laboratorium (misalnya, sains, komputer)
    Perpustakaan
    Lapangan Olahraga
    Fasilitas Lainnya (misalnya, kantin, aula)
  14. Kurikulum Sekolah
    Deskripsi Kurikulum
    Metode Pembelajaran
  15. Prestasi
    Prestasi Sekolah
    Prestasi Siswa
  16. Kegiatan Ekstrakurikuler
    Daftar Kegiatan Ekstrakurikuler
    Deskripsi Kegiatan Ekstrakurikuler
  17. Informasi Tambahan (jika ada)
    Kebijakan Sekolah
    Program Khusus
  18. Hubungan dengan Komunitas
    Informasi Pendaftaran

Ingatlah bahwa profil sekolah harus selalu diperbarui. Profil ini menjadi dasar bagi orang tua dan calon siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang sekolah. Oleh karena itu, pastikan informasi yang disajikan akurat dan up-to-date.

Profil Sekolah di Dapodik

contoh profil sekolah

Dapodik, atau Data Pokok Pendidikan, adalah sistem yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mengumpulkan dan mengelola data tentang sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Profil sekolah dalam Dapodik umumnya mencakup:

  • Identitas Sekolah: Ini termasuk nama sekolah, NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), alamat, kontak, status kepemilikan (negeri atau swasta), jenis sekolah (SD, SMP, SMA, dll.), dan lainnya.
  • Data Siswa: Jumlah siswa per kelas dan per jenjang, data siswa berkebutuhan khusus, dan informasi lainnya terkait siswa.
  • Data Guru dan Tenaga Kependidikan: Informasi tentang jumlah dan kualifikasi guru, staf administrasi, dan tenaga pendukung lainnya.
  • Data Sarana dan Prasarana: Informasi tentang fasilitas belajar seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dan lainnya.
  • Data Rombongan Belajar: Informasi tentang pengelompokan siswa dalam proses belajar mengajar.
  • Data Kurikulum: Informasi tentang kurikulum yang digunakan di sekolah.
  • Data Ekstrakurikuler: Informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah.

Informasi ini penting untuk berbagai keperluan, seperti perencanaan pendidikan, alokasi sumber daya, evaluasi kinerja, dan lainnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan data ini untuk membuat kebijakan dan program yang lebih baik dan tepat sasaran. Selain itu, data ini juga dapat digunakan oleh orang tua dan siswa untuk membuat keputusan tentang pilihan sekolah.

Edit profil sekolah di dapodik

Untuk mengedit profil sekolah di Dapodik, biasanya Anda perlu mengikuti prosedur berikut. Perlu diingat bahwa ini adalah prosedur umum dan mungkin ada variasi berdasarkan kebijakan dan sistem yang diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

  1. Login: Pertama, Anda perlu login ke aplikasi Dapodik dengan menggunakan akun yang telah diberikan oleh pihak berwenang. Biasanya, operator sekolah yang ditugaskan untuk mengelola data di Dapodik.
  2. Pilih Profil Sekolah: Setelah login, Anda akan melihat berbagai menu. Pilih ‘Profil Sekolah’ atau menu serupa yang berisi informasi tentang sekolah.
  3. Edit Data: Di halaman profil sekolah, Anda akan melihat berbagai informasi yang telah diinput sebelumnya. Pilih informasi yang ingin Anda edit dan klik tombol ‘edit’ atau serupa.
  4. Masukkan Data Baru: Setelah Anda memilih untuk edit, Anda akan dapat memasukkan data baru. Pastikan data yang Anda masukkan adalah akurat dan up-to-date.
  5. Simpan Perubahan: Setelah memasukkan data baru, jangan lupa untuk menyimpan perubahan. Biasanya ada tombol ‘simpan’ atau serupa yang harus Anda klik.
  6. Verifikasi: Beberapa sistem mungkin memerlukan verifikasi dari pihak berwenang setelah Anda melakukan perubahan. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang diberikan.

Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat mengedit data jika Anda memiliki izin yang tepat. Biasanya, hanya staf sekolah tertentu yang diberikan izin untuk mengedit data di Dapodik. Pastikan Anda mengikuti semua kebijakan dan prosedur yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sekolah Anda.

Unduh profil sekolah di dapodik

contoh profil sekolah

Untuk mengunduh profil sekolah dari Dapodik, biasanya Anda perlu mengikuti prosedur berikut:

  1. Login: Login ke aplikasi Dapodik atau sistem online Dapodik dengan menggunakan akun yang telah diberikan oleh pihak berwenang. Biasanya, operator sekolah yang ditugaskan untuk mengelola data di Dapodik.
  2. Pilih Sekolah: Jika Anda memiliki akses ke lebih dari satu sekolah, pilih sekolah yang profilnya ingin Anda unduh.
  3. Pilih Profil Sekolah: Setelah login, Anda akan melihat berbagai menu. Pilih ‘Profil Sekolah’ atau menu serupa yang berisi informasi tentang sekolah.
  4. Unduh Profil: Di halaman profil sekolah, biasanya ada opsi untuk mengunduh profil sekolah. Ini mungkin berada di menu dropdown, atau bisa juga berupa tombol ‘unduh’ atau ‘download’. Klik tombol atau opsi tersebut.
  5. Simpan File: Setelah Anda klik tombol unduh, biasanya Anda akan diminta untuk memilih lokasi untuk menyimpan file. Pilih lokasi yang Anda inginkan, lalu klik ‘simpan’ atau ‘save’.
  6. Setelah proses download selesai, Anda sekarang memiliki salinan profil sekolah dari Dapodik. Anda dapat membuka file ini menggunakan perangkat lunak yang sesuai, tergantung pada format file yang diunduh (misalnya, PDF, Excel, dll.).

Perlu dicatat bahwa petunjuk ini mungkin sedikit berbeda tergantuan pada versi dan antarmuka Dapodik yang Anda gunakan. Jika Anda tidak yakin, pertimbangkan untuk meminta bantuan dari operator sekolah atau petugas Dapodik yang bertanggung jawab.

Cara Membuat Profil Sekolah Yang Menarik

Membuat profil sekolah yang menarik dapat membantu membangun reputasi sekolah dan menarik perhatian orang tua, siswa, dan stakeholder lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Penyajian Visual yang Menarik: Gunakan desain yang profesional dan menarik. Anda bisa menggunakan foto-foto sekolah, logo, dan infografik untuk membuat profil lebih hidup. Pastikan semua gambar beresolusi tinggi dan jelas.
  2. Penulisan yang Jelas dan Menarik: Gunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Hindari jargon yang rumit kecuali benar-benar diperlukan. Sebisa mungkin, gunakan gaya penulisan yang positif dan menggugah.
  3. Identitas Sekolah: Mulailah dengan memberikan informasi dasar tentang sekolah, seperti nama, alamat, dan kontak. Jangan lupa untuk menyertakan visi dan misi sekolah.
  4. Keunikan Sekolah: Apa yang membuat sekolah Anda berbeda dari sekolah lain? Apakah Anda memiliki program khusus, metode belajar yang unik, atau prestasi tertentu? Pastikan untuk menonjolkan ini.
  5. Fasilitas: Deskripsikan fasilitas belajar yang ada di sekolah, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan lainnya. Anda bisa menggunakan foto untuk memberikan gambaran lebih baik.
  6. Staf Pengajar: Berikan informasi tentang kualitas dan kompetensi staf pengajar. Anda bisa mencantumkan kualifikasi, pengalaman, dan penghargaan yang dimiliki oleh guru.
  7. Prestasi: Sertakan informasi tentang prestasi yang telah diperoleh oleh sekolah dan siswa. Ini bisa mencakup prestasi akademik, olahraga, seni, dan lainnya.
  8. Testimoni: Testimoni dari orang tua, siswa, dan alumni bisa menjadi bukti kuat tentang kualitas sekolah. Pastikan untuk meminta izin sebelum memasukkan testimoni ini.
  9. Informasi Kontak dan Pendaftaran: Akhiri profil dengan memberikan informasi kontak dan cara mendaftar. Anda bisa menyertakan nomor telepon, alamat email, dan jam operasional.
See also  5 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Terakhir, pastikan profil sekolah Anda selalu diperbarui. Informasi yang tidak akurat atau usang bisa mengecewakan pembaca dan merusak reputasi sekolah.

Contoh Profil Sekolah

Contoh Profil Sekolah TK/PAUD

Berikut adalah contoh profil sekolah untuk TK atau PAUD:

Identitas Sekolah:

  • Nama Sekolah: TK/PAUD Bintang Ceria
  • Alamat: Jl. Kebahagiaan No. 123, Kota Mekar
  • Nomor Telepon: (021) 12345678
  • Email: [email protected]
  • Website: www.tkbintangceria.com
  • Tahun Berdiri: 2000
  • Akreditasi: A

Visi Sekolah:

Membentuk generasi cerdas dan berakhlak mulia melalui pendidikan anak usia dini yang menyenangkan dan inovatif.

Misi Sekolah:

  1. Menyediakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak.
  2. Menerapkan metode belajar yang inovatif dan menarik untuk membangun kecintaan anak pada proses pembelajaran.
  3. Mengembangkan potensi dan bakat anak secara holistik.

Fasilitas Sekolah:

  1. Ruang kelas yang luas dan nyaman
  2. Perpustakaan mini
  3. Ruang bermain indoor dan outdoor
  4. Laboratorium sains mini
  5. Ruang seni dan kreativitas

Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan:

TK/PAUD Bintang Ceria memiliki tim pengajar yang profesional dan berdedikasi. Mereka semua memiliki sertifikasi khusus dalam pendidikan anak usia dini dan berkomitmen untuk membantu setiap siswa mencapai potensi mereka.

Prestasi Sekolah:

  • Juara 1 Lomba Mewarnai Tingkat TK Kota Mekar 2022
  • Juara 2 Lomba Storytelling Tingkat TK Provinsi 2022
  • Penghargaan Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi 2022

Kegiatan Ekstrakurikuler:

  1. Seni Lukis dan Mewarnai
  2. Musik dan Tari
  3. Sains Mini
  4. Olahraga (Gymnastics dan Sepak bola mini)

Informasi Pendaftaran:

Pendaftaran baru untuk tahun ajaran 2023/2024 dibuka pada 1 Juni 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di (021) 12345678 atau email ke [email protected].

Harap dicatat bahwa ini hanyalah contoh dan Anda mungkin perlu menyesuaikan berdasarkan situasi dan kebutuhan sekolah Anda. Profil ini juga bisa diperluas atau dikurangi sesuai kebutuhan. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan menarik tentang sekolah kepada orang tua, calon siswa, dan pihak lain yang berminat.

Contoh Profil Sekolah SD

Berikut adalah contoh profil untuk Sekolah Dasar (SD):

Identitas Sekolah:

  • Nama Sekolah: SD Negeri 1 Kota Cemerlang
  • Alamat: Jl. Kedungasri No. 5, Kota Cemerlang
  • Nomor Telepon: (031) 555 1234
  • Email: [email protected]
  • Website: www.sdn1cemerlang.sch.id
  • Tahun Berdiri: 1985
  • Akreditasi: A
  • Status: Negeri

Visi Sekolah:

Mengembangkan potensi siswa secara optimal dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif untuk membentuk pribadi yang mandiri, kreatif, dan berbudi pekerti luhur.

Misi Sekolah:

  1. Memberikan pendidikan yang berkualitas untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa.
  2. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan stimulatif.
  3. Menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan komunitas.

Fasilitas Sekolah:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia.
  2. Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam.
  3. Laboratorium komputer.
  4. Lapangan olahraga.
  5. Taman bermain dan ruang seni.

Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan:

SD Negeri 1 Kota Cemerlang didukung oleh tim pengajar yang berpengalaman dan berdedikasi, serta staf administratif yang profesional.

Prestasi Sekolah:

  1. Juara 1 Olimpiade Sains Tingkat Kota 2022
  2. Juara 2 Lomba Baca Puisi Tingkat Provinsi 2022
  3. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2022

Kegiatan Ekstrakurikuler:

  • Klub Sains
  • Klub Seni dan Musik
  • Pramuka
  • Klub Olahraga (sepak bola, basket, dan badminton)

Informasi Pendaftaran:

Pendaftaran baru untuk tahun ajaran 2023/2024 akan dibuka pada 1 Mei 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di (031) 555 1234 atau email ke [email protected].

Contoh di atas hanyalah contoh sederhana dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi sekolah Anda.

Anda dapat menambahkan lebih banyak detail atau menghilangkan bagian tertentu jika perlu. Tujuan dari profil sekolah adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang sekolah kepada orang tua, calon siswa, dan stakeholder lainnya.

Contoh profil sekolah UPTD SDN 1 Sindangkasih

Contoh Profil Sekolah SMP

Berikut adalah contoh profil untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP):

Identitas Sekolah:

  • Nama Sekolah: SMP Negeri 7 Indah
  • Alamat: Jl. Kenangan Indah No. 77, Kota Indah
  • Nomor Telepon: (022) 8888 1234
  • Email: [email protected]
  • Website: www.smpn7indah.sch.id
  • Tahun Berdiri: 1990
  • Akreditasi: A
  • Status: Negeri

Visi Sekolah:

Mewujudkan generasi muda yang cerdas, inovatif, dan berintegritas melalui pendidikan yang holistik dan inklusif.

Misi Sekolah:

  1. Menyediakan kurikulum yang holistik dan inklusif yang mencakup pengembangan akademik, karakter, dan keterampilan hidup.
  2. Mengembangkan budaya sekolah yang positif dan mendukung untuk semua siswa.
  3. Membina kemitraan aktif dengan orang tua dan komunitas.
  4. Menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan berorientasi masa depan.

Fasilitas Sekolah:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia.
  2. Laboratorium komputer, sains, dan bahasa.
  3. Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam.
  4. Lapangan olahraga dan ruang seni.

Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan:

SMP Negeri 7 Indah didukung oleh tim pengajar yang berpengalaman dan berdedikasi, serta staf administratif yang profesional.

Prestasi Sekolah:

  1. Juara 1 Lomba Matematika Tingkat Nasional 2022
  2. Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Provinsi 2022
  3. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2022

Kegiatan Ekstrakurikuler:

  • Klub Debat dan Pidato
  • Klub Sains dan Robotika
  • Pramuka
  • Klub Seni (seni lukis, musik, dan tari)
  • Klub Olahraga (sepak bola, basket, dan bulu tangkis)

Informasi Pendaftaran:

Pendaftaran baru untuk tahun ajaran 2023/2024 akan dibuka pada 1 April 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di (022) 8888 1234 atau email ke [email protected].

Contoh di atas hanyalah contoh sederhana dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi sekolah Anda. Anda dapat menambahkan lebih banyak detail atau menghilangkan bagian tertentu jika perlu. Tujuan dari profil sekolah adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang sekolah kepada orang tua, calon siswa, dan stakeholder lainnya.

Contoh profil sekolah UPTD SMPN 1 Mangkutana

Contoh Profil Sekolah SMA

Berikut adalah contoh profil untuk Sekolah Menengah Atas (SMA):

Identitas Sekolah:

  • Nama Sekolah: SMA Negeri 3 Harmoni
  • Alamat: Jl. Perkasa Raya No. 33, Kota Harmoni
  • Nomor Telepon: (021) 9876 5432
  • Email: [email protected]
  • Website: www.sman3harmoni.sch.id
  • Tahun Berdiri: 1980
  • Akreditasi: A
  • Status: Negeri
See also  5 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Visi Sekolah:

Menghasilkan lulusan yang berprestasi, berbudi pekerti luhur, dan siap bersaing di era global.

Misi Sekolah:

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas untuk mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademik siswa.
  2. Membina karakter siswa melalui pendidikan nilai dan etika.
  3. Meningkatkan keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pendidikan.

Fasilitas Sekolah:

  • Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia.
  • Laboratorium sains, bahasa, dan komputer yang modern.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam.
  • Lapangan olahraga dan ruang seni.

Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan:

SMA Negeri 3 Harmoni didukung oleh tim pengajar yang berpengalaman dan berdedikasi, serta staf administratif yang profesional.

Prestasi Sekolah:

  1. Juara 1 Olimpiade Fisika Tingkat Nasional 2022
  2. Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Provinsi 2022
  3. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2022

Kegiatan Ekstrakurikuler:

  • Klub Debat dan Pidato
  • Klub Sains dan Robotika
  • Klub Seni (seni lukis, musik, dan tari)
  • Pramuka
  • Klub Olahraga (sepak bola, basket, dan bulu tangkis)

Informasi Pendaftaran:

Pendaftaran baru untuk tahun ajaran 2023/2024 akan dibuka pada 1 Maret 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di (021) 9876 5432 atau email ke [email protected].

Contoh di atas hanyalah contoh sederhana dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi sekolah Anda. Anda dapat menambahkan lebih banyak detail atau menghilangkan bagian tertentu jika perlu. Tujuan dari profil sekolah adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang sekolah kepada orang tua, calon siswa, dan stakeholder lainnya.

Contoh profil sekolah UPT SMAN 8 GOWA

Contoh Profil Sekolah SMK

Berikut adalah contoh profil untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK):

Identitas Sekolah:

  • Nama Sekolah: SMK Teknologi Maju
  • Alamat: Jl. Inovasi No. 15, Kota Maju
  • Nomor Telepon: (024) 7654 3210
  • Email: [email protected]
  • Website: www.smkteknologimaju.sch.id
  • Tahun Berdiri: 1995
  • Akreditasi: A
  • Status: Negeri

Visi Sekolah:

Menjadi pusat pendidikan vokasi yang unggul dalam penyiapan tenaga kerja yang kompeten, beretika, dan siap bersaing di era global.

Misi Sekolah:

  1. Menyediakan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan pasar kerja.
  2. Meningkatkan kompetensi siswa melalui pembelajaran praktis dan magang industri.
  3. Menumbuhkan etika kerja dan keterampilan hidup pada siswa.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan industri dan stakeholder lainnya.

Fasilitas Sekolah:

  • Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia.
  • Laboratorium teknologi informasi, elektronik, dan mekanik.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam.
  • Lapangan olahraga dan ruang seni.

Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan:

SMK Teknologi Maju didukung oleh tim pengajar yang berpengalaman dan berdedikasi, serta staf administratif yang profesional.

Prestasi Sekolah:

  1. Juara 1 Lomba Robotika Tingkat Nasional 2022
  2. Juara 2 Kompetisi Keterampilan Siswa Tingkat Provinsi 2022
  3. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2022

Kegiatan Ekstrakurikuler:

  • Klub Robotika
  • Klub Keterampilan Teknologi Informasi
  • Klub Seni (seni lukis, musik, dan tari)
  • Pramuka
  • Klub Olahraga (sepak bola, basket, dan bulu tangkis)

Informasi Pendaftaran:

Pendaftaran baru untuk tahun ajaran 2023/2024 akan dibuka pada 1 Maret 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di (024) 7654 3210 atau email ke [email protected].

Contoh di atas hanyalah contoh sederhana dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi sekolah Anda.

Anda dapat menambahkan lebih banyak detail atau menghilangkan bagian tertentu jika perlu. Tujuan dari profil sekolah adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang sekolah kepada orang tua, calon siswa, dan stakeholder lainnya.

Contoh profil sekolah UPT SMKN 22 Jakarta

Contoh Profil Sekolah PPT

Membuat profil sekolah dalam bentuk presentasi PowerPoint bisa menjadi cara efektif untuk menunjukkan profil dan pencapaian sekolah Anda dengan cara yang menarik dan visual. Berikut adalah contoh struktur slide yang bisa Anda gunakan:

Slide 1: Sampul

  • Judul: Profil Sekolah
  • Nama sekolah
  • Logo sekolah

Slide 2: Identitas Sekolah

  • Nama sekolah
  • Alamat lengkap
  • Kontak (nomor telepon, email)
  • Website
  • Tahun berdiri
  • Akreditasi
  • Status sekolah (Negeri/Swasta)

Slide 3: Visi dan Misi Sekolah

  • Visi sekolah
  • Misi sekolah

Slide 4: Fasilitas Sekolah

Daftar dan gambaran visual dari fasilitas sekolah (misalnya ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dll.)

Slide 5: Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan

  • Jumlah dan kualifikasi staf pengajar
  • Jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan

Slide 6: Prestasi Sekolah

Daftar pencapaian sekolah dalam beberapa tahun terakhir

Slide 7: Kegiatan Ekstrakurikuler

Daftar dan penjelasan singkat tentang kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan sekolah

Slide 8: Program Keahlian (untuk SMK)

Daftar dan penjelasan singkat tentang program keahlian yang ditawarkan sekolah

Slide 9: Informasi Pendaftaran

Informasi tentang proses dan jadwal pendaftaran

Slide 10: Kontak dan Lokasi

  • Kontak sekolah
  • Alamat lengkap dengan peta lokasi

Ingatlah untuk memasukkan elemen visual seperti foto dan grafik ke dalam presentasi Anda untuk membuatnya lebih menarik. Anda juga bisa menggunakan template PowerPoint untuk membantu desain presentasi Anda. Selain itu, pastikan informasi yang disajikan jelas, ringkas, dan mudah dimengerti.

Contoh profil sekolah PPT

Contoh Video Profil Sekolah

Membuat video profil sekolah bisa menjadi cara yang efektif dan menarik untuk memperkenalkan sekolah Anda.

Berikut adalah skema umum untuk struktur video profil sekolah:

Pembukaan (Durasi: 10-15 detik)

Opening grafis dengan logo sekolah, nama sekolah, dan judul “Profil Sekolah” atau “Selamat Datang di [Nama Sekolah]”.

Bagian 1: Identitas Sekolah (Durasi: 30-45 detik)

Narasi tentang nama sekolah, alamat, nomor telepon, website, tahun berdiri, status sekolah (negeri/swasta), dan akreditasi sekolah. Sementara narasi berjalan, tampilkan gambar sekolah, tanda sekolah, dan/atau gambar eksterior lainnya.

Bagian 2: Visi dan Misi Sekolah (Durasi: 30-45 detik)

Narasi tentang visi dan misi sekolah dengan gambar yang relevan (misalnya, siswa belajar, guru mengajar, dll.)

Bagian 3: Fasilitas Sekolah (Durasi: 45-60 detik)

Narasi tentang fasilitas sekolah sambil menampilkan gambar dan/atau video dari ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya.

Bagian 4: Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan (Durasi: 30-45 detik)

Narasi tentang jumlah dan kualifikasi staf pengajar dan tenaga kependidikan, sambil menampilkan gambar dan/atau video dari staf pengajar dan tenaga kependidikan.

Bagian 5: Prestasi Sekolah (Durasi: 30-45 detik)

Narasi tentang prestasi sekolah, sambil menampilkan gambar dan/atau video dari penghargaan, sertifikat, atau siswa dan guru yang sedang merayakan kemenangan.

Bagian 6: Kegiatan Ekstrakurikuler (Durasi: 30-45 detik)

Narasi tentang kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan sekolah, sambil menampilkan gambar dan/atau video dari siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Bagian 7: Informasi Pendaftaran (Durasi: 20-30 detik)

Narasi tentang informasi pendaftaran, termasuk kapan pendaftaran dibuka dan bagaimana cara mendaftar.

Penutup (Durasi: 10-15 detik)

Narasi penutup, misalnya “Terima kasih telah melihat profil sekolah kami. Kami berharap bisa melihat Anda bergabung dengan komunitas kami!” atau “Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website kami atau hubungi kami di [nomor telepon/alamat email].”

Penutup grafis dengan logo sekolah, alamat website, dan/atau informasi kontak lainnya.

Durasi total video idealnya adalah antara 3-5 menit. Ini cukup lama untuk menyampaikan informasi penting tetapi cukup pendek untuk menjaga perhatian pemirsa. Pastikan video Anda profesional dan menarik, dengan narasi yang jelas, gambar yang bagus, dan musik latar yang sesuai. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menyewa profesional atau menggunakan perangkat dan software video editing berkualitas untuk membuat video profil sekolah Anda.

Contoh profil sekolah dalam bentuk video.

Akhir Kata

Itulah informasi terkait dengan contoh profil sekolah lengkap dengan penjelasannya. Semoga bisa menjadi referensi dalam pembuatan profil sekolah bapak dan ibu guru.