Rangkuman Modul Pedagogik Teori Belajar CASN PPPK Guru

Posted on

Modul Pedagogik Teori Belajar CASN PPPK Guru

Modul Pedagogik Teori Belajar

Modul Pedagogik Teori Belajar – Teori belajar merupakan salah satu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hal ini yang melatarbelakangi sehingga menjadi salah satu materi dalam tes seleksi Kompetensi Pedagogi CASN PPPK Guru 2021. Bagi Anda yang mencari referensi tentang teori belajar dalam pembelajaran, Anda telah berada di laman yang tepat.

Teori Belajar Kompetensi Pedagogik

Teori belajar dalam pembelajaran untuk mendukung tugas keprofesian dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik agar membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

Dengan menguasai materi dalam pembelajaran teori belajar ini, diharapkan Anda dapat:

1.  Menjelaskan teori belajar behavioristic;

2.  Menerapkan implikasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran;

3.  Menjelaskan teori belajar kognitif;

4.  Menerapkan implikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran;

5.  Menjelaskan teori belajar konstruktivistik;

6.  Menerapkan implikasi teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran;

7.  Menjelaskan teori belajar humanistic; dan

8.  Menerapkan implikasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran.

Materi Teori Belajar

Beberapa teori belajar yang harus dipahami oleh guru antara lain adalah sebagai berikut:

Teori Belajar Behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran

  • Pandangan Teori Belajar Behavioristik

Teori belajar behavioristik dikenal juga dengan teori belajar perilaku, karena analisis yang dilakukan pada perilaku yang tampak, dapat diukur, dilukiskan dan diramalkan. Belajar merupakan perubahan perilaku manusia yang disebabkan karena pengaruh lingkungannya. Behaviorisme hanya ingin mengetahui bagaimana perilaku individu yang belajar dikendalikan oleh faktor- faktor lingkungan, artinya lebih menekankan pada tingkah laku manusia.

See also  40 Nomor Latihan Soal Online PPPK Guru | Gratis

  • Implikasi Teori Behavioristik dalam Kegiatan Pembelajaran

Implikasi teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari beberapa hal seperti; tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, karakteristik peserta didik, media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia.

Tujuan pembelajaran menurut teori behavioristik ditekankan pada penambahan pengetahuan, sedangkan belajar sebagai aktivitas “mimetic”, yang menuntut peserta didik untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari dalam bentuk laporan, kuis, atau tes.

Pada jaman modern ini, aplikasi teori behavioristik berkembang pada pembelajaran dengan powerpoint dan multimedia.

Teori belajar Kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran

  • Pandangan Teori Belajar Kognitif

Teori belajar kognitif merupakan suatu bentuk teori belajar yang sering disebut sebagai model perseptual. Teori belajar kognitif memandang bahwa tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya.

  • Implikasi Teori Kognitif dalam Kegiatan Pembelajaran

Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, keterlibatan peserta didik secara aktif amat dipentingkan. Untuk menarik minat dan meningkatkan retensi belajar perlu mengkaitkan pengetahuan baru dengan setruktur kognitif yang telah dimiliki peserta didik. 

Materi pelajaran disusun dengan menggunakan pola atau logika tertentu, dari sederhana ke kompleks. Perbedaan individual pada diri peserta didik perlu diperhatikan, karena faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik.

Teori Belajar Konstruktivistik

Pandangan konstruktivistik yang mengemukakan bahwa belajar merupakan usaha pemberian makna oleh peserta didik kepada pengalamannya melalui asimilasi dan akomodasi yang menuju pada pembentukan struktur kognitifnya, memungkinkan mengarah kepada tujuan tersebut. 

  • Implikasi Teori Konstruktivistik dalam Kegiatan Pembelajaran

Oleh karena itu pembelajaran diusahakan agar dapat memberikan kondisi terjadinya proses pembentukan tersebut secara optimal pada diri peserta didik. Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide-idenya secara luas.

See also  Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta Didik PPPK 2021

Sementara peranan guru dalam belajar konstruktivistik adalah membantu agar proses pengkonstruksian pengetahuan oleh peserta didik berjalan lancar. Guru tidak mentransfer pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan membantu peserta didik untuk membentuk pengetahuannya sendiri dan dituntut untuk lebih memahami jalan pikiran atau cara pandang peserta didik dalam belajar.

Teori Belajar Humanistik

Menurut teori humanistik tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. Proses belajar dianggap berhasil jika siswa telah memahmai lingkungan dan dirinya sendiri. Teori humanistik bersifat eleksitk, maksudnya toeri ini dapat memanfaatkan teori apa saja asal tujuannya tercapai.

  • Implikasi Teori Humanistik dalam Kegiatan Pembelajaran

Aplikasi teori humanistik dalam kegiatan pembelajaran cenderung mendorong siswa untuk berpikir induktif. Teori ini juga amat mementingkan faktor pengalaman dan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar. 

Semua komponen pendidikan termasuk tujuan pendidikan diarahkan pada terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita- citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Untuk itu, sangat perlu diperhatikan bagaimana perkembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan dirinya, pemahaman terhadap dirinya, serta realisasi diri.

Materi Rangkuman Modul Pedagogik Teori Belajar CASN PPPK Guru selengkapnya dapat Anda lihat melalui link berikut ini.

Link Download Rangkuman Modul Pedagogik Teori Belajar CASN PPPK Guru [DISINI]

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Modul Pedagogik Teori Belajar CASN PPPK Guru yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat buat Anda dalam mempersiapkan seleksi tes kompetensi pedagogik CASN PPPK Guru.