Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Posted on

Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 – Salah satu bentuk penilaian tertulis yang rutin di laksanakan tiap pertengahan semester adalah penilaian tengah semester. PTS ini dilaksanakan selama dua kali dalam satu tahun pembelajaran. Masing-masing diselenggarakan pada pertengahan semester ganjil dan genap.

Hasil dari penilaian tengah semester akan dimasukkan ke dalam instrumen penilaian bersama dengan nilai dari penilaian harian dan penilaian akhir semester. Nilai ini kemudian akan diakumulasikan menjadi nilai raport sesuai dengan pedoman penilaian kurikulum 2013. Hal ini berdasarkan rumus:

Nilai raport (NR) = Nilai PH + Nilai PTS + (2 X Nilai PAS) : 4

Bagi Anda yang sedang mencari referensi dan latihan soal UTS Agama Islam kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban bagi SD, silahkan simak artikel dari bataraguru.com berikut ini.

Soal Agama Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

PTS adalah instrumen untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dari awal hingga pertengahan semester. Penilaian tengah semester biasanya dilaksanakan pada minggu ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapun materi yang diujikan berasal dari semua KD yang telah dipelajari hingga minggu tersebut.

Penilaian tengah semester dilakukan dengan melalui tiga pendekatan yaitu assesment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assesement for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assesment of learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Prinsip Penilaian Tengah Semester

Prinsip penilaian tengah semester tetap mengacu tetap memperhatikan prinsip penilaian pada umumnya.

  • Penilaian harus mempertimbangkan prinsip-prinsip berikut ini:
  • Sahih, artinya penilaian harus dilakukan dengan mengacu pada data yang mencerminkan kemampuan peserta didik yang diukur.
  • Objektif, artinya penilaian tidak boleh dipengaruhi oleh pihak manapun.
  • Adil, artinya penilaian tidak boleh memberikan keuntungan kepada salah satu pihak. Semua peserta didik harus mendapatkan perlakuan yang sama.
  • Terpadu, artinya proses penilaian harus sejalan dengan kegiatan pembelajaran terutama dari segi materi yang diujikan.
  • Terbuka, artinya prosedur dan kriteria penilaian harus bersifat terbuka terhadap semua pihak.
  • Menyeluruh dan berkesinambungan, penilaian harus dilakukan dengan memperhatikan perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran.
  • Sistematis, artinya penilaian harus terencana dan bertahap dengan langkah-langkah pasti.
  • Beracuan kriteria, artinya ada kriteria jelas yang menjadi acuan kelulusan dan remedial.
  • Akuntabel, artinya penilaian harus dapat dipertanggungjawabkan bagi proses belajar peserta didik.
See also  Soal PTS Bahasa Inggris Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013

(Referensi: Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan pendidikan, Ditpsmp.kemdikbud.go.id)

Kisi Kisi Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2

Salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam menyusun soal UTS Agama Islam kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 ini adalah pembuatan kisi-kisi soal. Kisi-kisi soal ini disusun berdasarkan kompetensi dasar dari materi yang ada.

Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Kisi-Kisi Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Dari kompetensi dasar tersebut dibuat rencana soal pilihan ganda atau essay yang akan digunakan. Masing-masing butir soal harus memiliki koherensi dari setiap KD.

Kisi-kisi soal ini juga menjadi lampiran kelengkapan soal penilaian tengah semester dan penilaian lainnya. sebelum pelaksanaan ujian, kisi-kisi tersebut didistribusikan kepada peserta didik untuk menjadi bahan persiapan ujian.

Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Berikut ini adalah contoh soal UTS Agama Islam kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban untuk SD/MI. Latihan UTS dan PTS untuk dapat digunakan oleh peserta didik Kelas 5 SD/MI Pelajaran Agama Islam semester genap.

Bapak ibu guru juga dapat menjadikannya sebagai referensi dalam penyusunan soal UTS Agama Islam kelas 5 semester 2 di satuan pendidikan masing-masing. soal agama kelas 5 tersebut dibuat dengan menggunakan aplikasi microsoft office dan disimpan dalam peyimpanan google drive sehingga aman dan mudah untuk diunduh dan di edit sesuai dengan keperluan masing-masing.

Silahkan unduh melalui tautan berikut ini.

  • Kisi-Kisi Soal PTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 [DISINI]
  • Soal PTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawaban [DISINI]

Demikian contoh Soal UTS Agama Islam Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 lengkap dengan Kunci Jawaban yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dalam pelaksanaan penilaian peserta didik SD/MI.

See also  Soal PTS Sosiologi Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013